Jecqlin Mutiara

Sabtu, 08 September 2012

Penyakit Sinusitis


Sinusitis adalah istilah kedokteran untuk radang sinus paranasal yaitu rongga-rongga yang terletak disampig kanan – kiri dan diatas hidung.


Radang mukosa sinus paranasal, bila mengenai beberapa sinus disebut multisinusitis, sedangkan bila mengenai semua sinus paranasal disebut pansinusitis.

Peradangan itu akibat bakteri patogen atau alergi berkepanjangan. Akibatnva sel-sel selaput lendir melebar dan menghambat sekresi sehingga ingus terkumpul di sinus. Orang yang mengalami salesma berkepanjangan menyebabkan cairan ingus masuk ke rongga di kanan dan kiri hidung. Sebab, posisi dasar rongga lebih rendah daripada saluran yang menghubungkannya dengan hidung. Dampaknya, ingus yang terjebak tak dapat keluar dan menjadi sarang bagi berkumpulnya bakteri.

Sesuai dengan anatomi sinus yang terkena dapat dibagi menjadi sinusitis maksila, sinusitis ethmoid, sinusitis frontal dan sinusitis sfenoid.


Jika dilihat di gambar yaitu :
  •     Sinus Maxillary (terletak disamping kanan dan kiri hidung)
  •     Sinus Frontalis (terletak pada dahi bagian depan), sinus etmoid dan
  •     Sfenoid terletak agak ke belakang
Gejalanya :
  • Biasanya sinusitis tidak terjadi secara mendadak ,tapi sering didahului oleh gejala – gejala yang tidak khas misalnya sering pilek -pilek yang bukan karena pilek atau allergi.
  • Pilik-pilek ini biasanya berlangsung lama sehingga dianggap biasa oleh penderita. Akhirnya penderita tidak menyadari bahwa dia telah terkena gejala sinusitis yang siap meradang setiap saat
Cara mengobati :
Bisa dilakukan dengan cara obat herbal karena dengan herbal inilah penyakit sinustisis dapat disembuhkan secara cepat dan sangat aman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar